Gambar di bawah ini menunjukkan stack frame dari sebuah subroutine yang aktiv. Seperti biasa (untuk kuliah ini) tiap item di dalam stack ini adalah sepanjang 4 byte yang mengisi 4 address panjang.
Seperti sebelumnya, caller menumpuk register T yang nantinya akan direstore setelah kontrol kembali. Calee menumpuk register S yang mungkin akan berubah.
Pada contoh di bawah, ruang yang disediakan dari stack untuk mengimplementasikan variabel lokal a, b, i dan j. Tiap-tiap variabel ini akan menempati 32bit panjang. Biasanya variabel akan kita devinisikan sebagai integer.
Sebuah variabel adalah lokasi di dalam run-time stack yang digunakan untuk menyimpan data. Nilai dari variabel ini mungkin akan berubah sebagaimana program dieksekusi.Variabel a ada di dalam tumpukan stack, tidak ada bentuk lain dalam mengimplementasikan variabel. Di dalam program, memanipulasi variabel adalah dilakukan dengan menggunakan register untuk meload dan menyetore nilai yang adal di dalam ruang stack. Bagaimanapun, variable adalah yang di stack bukan register.
Quest 3: Saat stack frame di pop out, apa yang terjadi dengan variable?
Jawab: Secara konsep, variabel sudah tidak ada lagi di dalam stack saat mereka sudah di pop out.
